[Review#52] Badut Oyen (Gramedia Writing Project)

badut oyen D 11 final muka

Title : Badut Oyen

Author : Marisa Jaya, Dwi Ratih Ramadhany, Rizky Noviyanti

Total pages : 224 pages

Publisher : Gramedia Writing Project

Rate : 3 of 5 stars

Blurb :

Oyen, si badut kampung, ditemukan mati gantung diri di kamarnya. Tak seorang pun percaya pria sebaik Oyen bisa seputus asa itu hingga mengakhiri nyawanya sendiri.

Pihak kepolisian berusaha mengusut kasusnya dan menemukan banyak keganjilan dalam kematian pria itu. Tetapi, ketika tersangka yang dicurigai polisi ditemukan mati mengenaskan, kasus kematian Oyen kembali tak terpecahkan. Kampung mereka diteror hantu badut yang menghampiri anak-anak, bahkan mulai meminta korban.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Awalnya, aku berminat membaca buku ini karena bab 1-3 nya muncul di GWP (Gramedia Writing Project). Sesuai namanya, Gramedia Writing Project adalah sebuah website menulis yang dibuat oleh Gramedia dalam rangka mencari calon penulis-penulis berbakat yang menuangkan karyanya melalui website tersebut.

Nah, aku sangat tertarik untuk melanjutkan membaca buku ini karena, ceritanya mencekam dan menegangkan, juga sangat misterius. Baru bab pertama dan aku langsung penasaran. Hehehe, tetapi pas membaca, seperti biasa, satu yang dapat aku simpulkan kalau Gramedia selalu menciptakan tulisan mengalir, tetapi bahasanya terlalu formal / baku. Tetapi itu tidak terlalu masalah untukku sih.

Dari segi cover, menurutku menarik karena cover nya pun sedikit membuat merinding. Bayangan badut yang memegang palu. Apakah tujuannya? Kenapa badut itu meninggal? 3 dari 5 bintang untuk cover ini.

Dari segi tulisan, menurutku masih banyak typo yang berkeliaran. Diharapkan seperti buku Gramedia lainnya, GWP ini bisa menerbitkan buku dengan typo yang lebih minim lagi, hehehe, memang sih typo itu human error dan itu wajar saja, tetapi, kalau tanpa typo kan lebih baik ya hehehehe. 3 dari 5 bintang untuk tulisan.

Dari segi cerita, menurutku sebenarnya bagus, tetapi sedikit berbelit-belit. Terlalu banyak alasan atas sesuatu yang terjadi. Maksudku, kalau dipikir agak sedikit tidak masuk akal, tetapi, kembali lagi, karena tulisan itu merupakan imajinasi dari penulis, maka kita harus tetap berterimakasih karena menulis cerita itu, kan? 3 dari 5 bintang untuk segi cerita.

Dan ini dia review singkatnya ya 🙂

Badut Oyen ditemukan gantung diri. Rakyat beramai-ramai bertanya apakah penyebab kematiannya. Suparni, sahabat terdekatnya menangis tersedu-sedu melihat kematian Oyen. Oyen laki-laki yang ceria dan sangat menyayangi anak-anak. Ia selalu tersenyum bahkan di masa tersulitnya. Semua orang tahu Oyen tidak mungkin melakukan bunuh diri.

Mungkinkah ini pembunuhan? Tetapi, siapakah yang tega membunuh Oyen yang ceria dan polos itu? Mungkin, ada tiga tersangka yang bisa melakukannya. Syamsul, laki-laki yang pernah mengeroyok Oyen karena hutangnya tak kunjung lunas, bahkan sampai akhir hayatnya, Ratna, si janda yang akan menikahi Oyen, atau bahkan, Suparni yang sudah tinggal dengan Oyen sangat lama?

Permasalahannya adalah….. arwah Badut Oyen menghantui anak-anak yang sangat ia cintai. Mengapa ia melakukan itu? Apakah kau mau berkenalan dengan Badut Oyen? 🙂

Review ini akan diikutkan dalam :

1. BBI Review Challenge 2014

2. New Author Reading Challenge 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s