Guest Post : Books and Celebrities by Alluna Maharani

 

Selamat ulang tahun BBI-ku sayang yang ketiga! Hihihi, kalau bayi, masih super duper unyu sekali yaaa~ huehehehe.

Ini adalah event pertama yang aku ikuti di BBI *HOREEEE!*. Nah, dan aku beruntung bisa memiliki guest yang baik seperti Kak Luna, juga yang membiarkan aku mupeng dengan gambar-gambar dari topik yang dibahas (pasti pada penasaran deh). Terima kasih ya kak Luna mau mampir di blog ku muahmuahmuah!

Nah, aku juga bertamu di kak Dewi dengan blognya Through Tinted Glass. Senang bisa bertamu di blogmu, kakak Dewi sayanggggggs! Yang mau lihat jawaban aku, yuk yuk yuk mampir. Harus lihat dong ya :p

Nah, daripada panjang dikali lebar sama dengan luas, lebih baik langsung disimak pembahasan kak Luna yang amat sangat menarik <3_<3. Happy reading! ^^

Apa yang kalian pikirkan jika mendengar kata dunia buku dan dunia selebritis di kepala kalian? mungkin tidak bakalan jauh dari minum, pesta, dan skandal. Dunia selebritis memang adalah dunia yang riuh dengan kehidupan glamour, hedonisme dan kilatan popularitas. Apa yang mereka lakukan seringkali menjadi trend yang kemudian diikuti oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Mungkin kita masih ingat bagaimana ketika potongan rambut Demi Moore dalam film Ghost menjadi trend bahkan sampai juga ke Indonesia. Atau bagaimana ketika Jhonny Deep membuat tatto “winona forever” di lengannya, sontak tak beberapa lama kemudian mentatto nama kekasih menjadi semacam aklamasi cinta yang mendunia.

Dunia buku sebaliknya. Dunia buku biasanya dinikmati dalam diam dan ketenangan. Buku adalah kawan setia. Buku juga adalah peta penjelajah dan mesin waktu. Buku adalah drama, yang lakon dan pelakonnya selalu berganti mengikuti alur dan tak sering menghentakkan pembaca atas takdirnya, dan buku adalah dunia yang misterinya tak akan pernah selasai untuk digenapi.

Dan ternyata ketika dunia buku dan dunia selebritis ini bertemu, hasilnya akan sangat berbeda sekali. Akan tercipta suatu hubungan yang unik diantara keduanya, bukan skandal pastinya, malah akan seperti simbiosis mutualisme. Si artis terimage baik, dan buku jadi seperti terkampanyekan mengingat selebritis adalah salah satu yang mengilhami trend. Tidak sedikit dari mereka yang hobi membaca buku, mengkoleksinya dan membangun perpustakaan pribadi, menjadi penulis buku atau menulis lagu dan memberikan nama band nya karena terinspirasi dari suatu buku.

Berikut ini adalah beberapa hubungan antara buku dan selebritis :

Perpustakaan Selebritis

Top left: Agatha Christie’s Library; middle: Sting’s library; top right: Julia Child’s library; Bottom Left: Woody Allen’s library; middle: Diane Keaton’s library; Bottom right: Paris Hilton’s library

Lihat foto di atas, bahkan rumahnya Paris Hilton pun memiliki perpustakaan 😀 dan semoga buku-buku itu sudah dia baca semuanya ya.. 😀

Dan ini adalah perpustakaan-perpustakaan selebritis favoritku

This is Rod Stewart’s Library!!!

Here’s Karl Lagerfeld’s library 😀

Om-om.. tolong asuh aku.. asuh akuuu ❤ ❤ #kemudianditendang

Kemudian ada juga selebritis yang ternyata juga mengeluarkan buku fiksi.

Selebritis yang juga penulis

Tina Fey

Ethan Hawke

Carrie Fisher

 Woody Allen

Dewi Lestari

Selain seleb-seleb di atas yang ternyata juga merupakan penulis buku, adalagi selebriti-selebritis yang juga menulis buku-buku anak seperti di bawah ini

Madonna

IMDB and/or Goodreads

Buku-buku yang telah ditulis :

-The English Rose series

Friends For Life
Good Bye, Grace?
The New Girl
A Rose By Any Other Name
Big Sister Blues
Being Binah
Hooray For Holiday!
Runway Rose
Ready, set, Vote
American Dreams
Cach The Bouquet
The English Rose
Too Good to Be True
The English Rose and Other Stories

-The Adventure of Abdi
-Yakoov and the seven Thieves
-Mr. Peabody’s Apple

Boxsetnya 😀

Paul McCartney

Wiki and/or Goodreads

Sting

Wiki and/or Goodreads

Rock Steady: A Story of Noah’s Ark

LeAnn Rimes

Wiki and/or Goodreads

Buku-buku yang sudah ditulis :

Jag
Jag’s New Friend

Will Smith

IMDB and/or Goodreads

Just The Two of Us

Dan masih banyak lagi. Selain yang di atas masih ada Brooke Shields, Jhon Travolta, Queen Latifah, sampai petinju George Forman.

Selain dari selebritis yang huniannya memiliki perpustakaan atau para selebritis yang juga menulis buku, ternyata ada juga band yg mengambil judul buku untuk nama band nya. Terinspirasi lah kata lainnya. Salah satunya  marillion, yg diambil dari buku J.R.R. Tolkien, The Silmarillion. Yang kedua, steppenwolf, yg diambil dari novelnya Herman Hesse dengan judul yg sama.

Marillion

Marillion, 2009. L-R: Ian Mosley, Pete Trewavas, Steve Hogarth, Mark Kelly, and Steve Rothery.  (source : wiki)

 

Steppenwolf

Selain itu, apakah kalian tahu album nya Pink Floyd yang berjudul ANIMALS ? Yap, itu adalah album yang terinspirasi dari buku karya George Orwell yang berjudul Animal farm. Dan ada juga Rick Wakeman, keyboardist YES yang membuat album Journey to the Centre of the Earth.

Bukan cuma lagu teman-teman, tapi satu album penuh terinspirasi dari buku-buku klasik tersebut. rock on!!

Dan di bawah ini adalah lagu-lagu yang terinspirasi dari sebuah buku

Kate Bush – Wuthering Heights

Ini dia liriknya yang haunting banget, I could listen to the song over and over again:

heathcliff, it’s me, cathy come home
i’m so cold, let me in-a-your window

oh let me have it, let me grab your soul away
oh let me have it, let me grab your soul away
you know it’s me, cathy

*kemudian hantunya cathy dateng ngetok-ngetok jendela*

hahaha 😀

Dewa 19 – Sayap-sayap Patah

Rush – Tom Sawyer

Guns N Roses – Catcher in The Rye

Metalicca – For Whom the Bell Tolls

Selain lagu-lagu di atas, masih banyak lagu-lagu yang terinspirasi dari sebuah buku. Ada The Art of War yang dinyanyikan oleh Anberlain yang terinspirasi dari bukunya Sun Tzu yang berjudul sama, atau Iron Maiden dengan lagu yang berjudul Phantom of The Opera, D’Banj – Oliver Twist, dan Klaatau – Around The World in 80 Days.

Kalau lihat dari judul-judul lagu di atas, ternyata yang banyak menggunakan buku-buku klasik sebagai judul lagunya itu malah grup musik rock ya? 😀 Jadi setengah tak percaya dan rasanya sulit membayangkannya kalau orang-orang seperti Axl dkk membaca buku dengan serius, buku klasik pula! Buku-buku yang terkenal dengan alurnya yang lambat, sungguh bertolak belakang dengan aliran musik rock yang menuntut tempo cepat.

Untuk musisi dalam negri, sejauh ini baru bisa menemukan Dewa 19 saja yang lagunya terinspirasi dari sebuah buku, kecuali soundtrack dari filmnya ya seperti Laskar Pelangi nya Nidji. Mungkin memang buku dan dunianya di kalangan selebritis Indonesia belum sepopuler layaknya di luar negri kali ya, jadi belum banyak musisi dalam negri yang mengambil inspirasi dari buku-buku ini. Padahal tak sedikit buku-buku Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi. Taruhlah kisah cinta yang dramatis antara Srintil dan Rasus, atau mungkin kritik-kritik sosial yang bisa kita ambil dari buku-bukunya SGA dan Okky Madasari.

Sekian guest posting kali ini, semoga kreativitas para artis di atas dalam memperlakukan sebuah buku bisa menular ke kita semua. ^^

 

Wah, keren banget kak Luna postingannya. Aku pun jadi kepingin banget bisa sekaliiii aja mengunjungi perpustakaan seleb yang mewah itu >/////< kapan aku punya *eh.

Oh ya, aku mau wawancara sedikit yaaa 😀

Berikut pertanyaan untuk kak Lune :

1. Kenapa kakak berpikir untuk mengangkat tema buku seleb di guest posting ini? Apa ada inspirasi tertentu atau bagaimana? hehehe

Iya, pertama aku bingung mau nulis apa, awalnya aku pengen nulis tentang setting drama-drama Korea yang menampilkan rak-rak buku seperti drama ‘A Gentleman’s Dignity’ dan lain-lain, tapi aku belum sempat nonton ulang hehehehe. Terus, googling mau liat design rak perpus, malah nyangkut ke artikel tentang perpus-perpus seleb. Jadi, sekalian aku cari yang lain hubungan buku dan seleb.

2. Kalau kakak mau buat perpustakaan, kakak mau buat yang modelnya seperti apa? Apakah harus mewah? Atau simple saja? Atau bagaimana?

Aku suka perpustakaan model klasik. Tahu perpustakaan di ‘You Come From The Star’? Aku suka perpustakaan yang seperti Do Min Jun punya, jadi kayu dan menjulang dari atas sampai bawah lalu sepanjang dinding.

3. Perpustakaan yang sampai sekarang menjadi favorit kakak itu perpustakaan dimana? Dan kenapa?

Aku bukan pengunjung perpustakaan selain ‘perpustakaan’ pribadiku, Joo. Selama ini ke perpustakaan itu kalau berhubungan dengan kuliah aja :). Jadi, aku gak punya perpustakaan favorit hehehe.

4. Dari antara buku-buku yang dibuat sama seleb, apa ada yang sudah pernah kakak baca?

Buku-buku Dewi Lestari sudah aku baca, juga Fira Basuki. Kalau buku-buku seleb luar belum pernah baca.

5. Terakhir, apa yang mau kakak lakukan kalau misalnya kakak diundang ke salah satu perpustakaan seleb itu? Bawa temen, atau nambahin koleksinya, atau baca sampai puas? 🙂

Foto-foto dan lihat-lihat koleksinya. Hehehe terus mau ngapain lagi ya? Mau minjem nggak berani pastinya :D. Mungkin bakal ngerayu si seleb empunya buat masukkin aku jadi pewaris perpustakaannya kali ya hahaha.

Wah, mau banget juga kak kalau diwarisin perpustakaannya xD

Baiklah kalau begitu, terima kasih banyak ya kak Luna untuk guest posting nya yang berguna ini. Bisa jadi inspirasi untuk merapikan ‘perpustakaan’ pribadi :)))

Mau lihat Guest Post lainnya? Yuk, check di bawah ini 😉

*yang boleh memasukkan link hanya yang menjadi host / Guest di Guest Posting.

 



Advertisements

9 thoughts on “Guest Post : Books and Celebrities by Alluna Maharani

  1. Suka sama post iniiii Mbak Luna ❤
    Perpusnya Karl Lagerfeld itu emang dari dulu bikin ngiler banget huhu ((Kek, adopsi aku jadi cucumu kek, Kakek Karl….. #lah)
    Dan ternyata itu toh buku yang ditulis Ethan Hawke. Ceritanya 'seganteng' orangnya nggak yah? Hihi xD

  2. owww jadi inget james franco juga nulis buku dan bukunya mau diadaptasi ke film, hehe… hebat ya seleb2 hollywood ini, udah ganteng, pinter pulak 😀 dari dulu aku paling ngiler sama perpusnya karl lagerfeld 😀

  3. Pas baca judulnya di twitter kmrn “Books and celebrities” langsung inget James Franco juga. Dia termasuk aktor hollywood yang suka bawa buku kemana-mana. *ketahuan rajin stalking James Franco* James Franco jg udah ngeluarin beberapa buku dan mengadaptasi buku William Faulkner, As I Lay Dying, ke layar lebar.

    Kalau perpusnya Paris Hilton agak ga yakin deh bukunya dibaca. Hihihi. Rumahnya dimasukin pencuri berkali-kali aja dia ga tahu. *nonton dari The Bling Ring* Marylin Monroe, Audrey Hepburn juga suka baca. ^^

  4. Aduh, itu perpustakaan seleb bikin ngiri! Tapi sama, aku juga mikir, Paris Hilton beneran baca gak ya? Punya keluarga kali tuh *nuduh
    Chris Colfer juga nulis buku, lho. Dia kan seleb juga *cuma tahu itu soalnya

  5. aaaakkk, aku suka postingannya Lun’
    woh..nggak nyangka padahal kita nyaris seumuran tapi nama Karl dan Rod Stewart baru tahu BARUSAN #hedeh, sepertinya aku hidup di dunia lain.. #gakgaulbanget

    wes toh, pokoknya aku suka banget postingan ini, titik
    thank you Joo dan Luna ^_^

    PS: ngomong-ngomong Do Min Jun itu sapa lagi? #nanyabeneran

  6. postingannya bagus! terutama tentang lagu yang dibuat dari buku-buku. soalnya aq taunya dari buku ada lagu-lagunya atau musiknya setelah dibuat film, kayak filmnya Sherlock Holmes yang jadi Robert Downey Jr. suka banget sama backsound-nya ‘Discombobulate’ sama backsound2nya Narnia.. heheheee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s