[Review #33] Kata Kata Yang Mengubah Dunia by Zulfa Simatur

Title : Kata-Kata Yang Mengubah Dunia
Author : Zulfa Simatur
Publisher : VisiMedia
ISBN : 978-979-065-153-1
Total pages : 546 pages.
Get From : VisiMedia (buntelan).
Rate : 4,5*/5
Hello readers! ^^ Jadi, ditengah kesibukanku membaca buku Pandemonium *apanya yang sibuk, Joo???*, aku mengusahakan membaca buku ini, buntelan dari VisiMedia yang harus diselesaikan baca dalam waktu 1 bulan saja. Hehehehe, berhubung ini buku nonfiksi, aku jadi harus serius nih bacanya… :)))
Sinopsis :
“Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan di atasnya. Orang yang berani bukanlah orang yang tidak
merasa takut, tetapi orang yang mengalahkan rasa takut tersebut.”
Nelson Mandela Siapakah Nelson Mandela? Apa yang membuatnya menjadi simbol perlawanan hingga bisa menjadi Presiden Afrika Selatan? Apa yang membuatnya menjadi inspirasi bagi kebangkitan kaum yang tertindas? Jawabannya dapat Anda temukan dalam buku ini.
 
Ucapan Nelson Mandela di atas adalah satu di antara banyak kutipan kata dari 44 tokoh yang membawa pengaruh luar biasa bagi perubahan hidup individu, bahkan perkembangan sejarah dunia. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai negara dalam rentang waktu ribuan tahun. Di antaranya tokoh klasik Aristoteles, tokoh dalam negeri Tan Malaka, tokoh perempuan Benazir Bhutto, tokoh penemu Steve Jobs, tokoh pengusaha Bill Gates, dan tokoh penulis kaya-raya J.K. Rowling.Berbeda dengan buku-buku sejenis yang biasanya hanya me-  nuliskan kata-kata mutiara tanpa menjelaskan siapa dan bagai- mana tokoh atau orang yang mengungkapkannya, buku ini mengupas secara ringkas biografi para tokoh dan kata-kata dahsyat yang sempat mereka ucapkan. Kata-kata yang mampu menggerakkan hati, pikiran, semangat, keyakinan, dan energi positif manusia lain dalam menggerakkan roda sejarah!
Jadi, di buku ini ada sekitar empat puluh tokoh-tokoh yang terkenal di dunia yang diambil quote nya dan beberapa informasi tentang mereka. Mau tahu siapa saja? Ada Abraham Lincoln, ada Albert Einstein, ada Soekarno, ada J.K. Rowling, ada Paulo Coelho, William Shakespeare, Kahlil Gibran, bahkan Barrack Obama. Menarik, kan?
Nah, didalam review ini, aku akan menyebutkan beberapa tokoh saja ya dari nama-nama di atas (kalau semuanya aku sebut, nanti aku bikin buku sendiri dong xDDDD).
Buku ini diawali dengan cerita Abdurrahman Wahib, yang sudah tidak asing lagi. Tentu kalian tahu siapa beliau kan? Beliaulah yang membuat Bangsa Tionghoa yang tinggal di Indonesia masih bisa merayakan imlek. Beliau yang mencabut larangan penggunaan Huruf TiongHoa.
Di buku ini, dijelaskan dengan singkat bagaimana awal Gusdur ini mendapatkan pendidikannya, yang kemudian dilanjutkan dengan awal mulainya karir politiknya.
satu quote dari Gusdur yang paling saya sukai adalah : “Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga.”
 
 
Setelah Gusdur, buku ini dilanjutkan dengan Abraham Lincoln. Siapa yang tidak tahu Lincoln? Beliau adalah Presiden Amerika Serikat pertama yang dibunuh.
Apakah kalian tahu, dibalik kehebatan Lincoln selama menjadi presiden, ternyata ia adalah anak dari keluarga miskin? Ayahnya hanya seorang tukang kayu dan ibunya sudah meninggal saat ia masih kecil. Tapi, kecerdasannya membuatnya saat berumur satu tahun sudah bisa membaca, menulis, dan berhitung.
Lincoln dewasa harus berganti-ganti pekerjaan, sebagai pembelah kayu pagar, kemudian tentara, juru tulis, dan lain-lain sebelum menjadi pengacara. Suatu hari, Lincoln menyaksikan perbudakan saat menyewa kapal angkut tahun 1828, setelah mengunjungi selama 2 kali, maka ia meneguhkan dirinya untuk menghapus praktik perbudakan yang ia lihat sendiri.
Quotes dari Abraham Lincoln yang paling saya suka adalah : “Tentukan hal yang bisa dan akan dilakukan, kemudian kita akan menemukan jalan.”
 
Setelah melihat beberapa tokoh presiden di atas, bagaimana menurut kalian? buku ini seru kan? Secara tidak langsung buku ini juga memberikan sejarah singkat masing-masing tokoh supaya kita tahu dan mengerti 🙂
Sekarang, mari kita bahas salah satu tokoh penulis.
Tentu kalian tahu siapa J.K. Rowling? Penulis terkenal Harry Potter series. Penulis bernama Joanne Kathleen Rowling ini menulis sejak berumur lima tahun. Karya pertamanya berjudul “Rabbit”.
Rowling pernah menikah dengan seorang laki-laki wartawan yang ditemuinya di Portugal saat ia mengajar Bahasa Inggris. Ia pun memiliki seorang anak, bernama Jessica. Namun, ia bercerai dengan suaminya yang mengakibatkan dirinya dilanda kesulitan keuangan. Akhirnya, ia pun mulai menulis buku lagi.
Setelah novel seri pertama rampung, ia membuat salinan novel Harry Potter dengan mesin ketik tua. Bahkan saat ketikannya rampung, ia tidak mampu membayar biaya fotokopi naskahnya. Ia pun berkeliling mencari beberapa penerbit buku anak-anak untuk menerbitkan naskahnya, dan beberapa kali ditolak.
Namun, dengan tekad keras dan keinginannya yang kuat, ia pun berhasil menerbitkannya dan mendapatkan uang sebanyak USD 4000. Perusahaan penerbitan Bloomsbury yang bersedia membeli kisah Harry Potter tersebut.
Karena Joanne tidak percaya diri sebagai penulis novel perempuan, maka ia menyingkat namanya menjadi J.K. Rowling. Nah, intinya, didalam kisah J.K. Rowling ini, yang penting ada niat, maka disitulah ada jalan. 🙂
Quote yang paling saya suka dari J.K. Rowling adalah : “Orang merasa jauh lebih mudah memaafkan orang lain karena kesalahannya dibandingkan dengan kebenarannya.” (Harry Potter and The Half-Blood Prince).
Nah, masih banyak lagi kisah-kisah tokoh penting yang ada di dunia yang ada didalam buku ini. Tentu saja dengan quotes nya yang menarik, yang bisa memberikan kita inspirasi, motivasi untuk terus maju dan maju. Menurut saya, buku ini wajib dimasukkan ke dalam wishlist untuk dibaca oleh kalangan remaja yang mungkin malas membaca buku sejarah mereka.
Kekurangan dalam buku ini adalah, ternyata masih ada  typo kecil yang mungkin terlewat dari mata editor. Saya memang tidak memperhatikan setiap halaman, hanya saja, saya menemukan satu typo di halaman awal. hehehe.
Halaman 3 – lahir di Jawa Timur, 7 Sepetember 1940. –> seharusnya September.
Nah, kira-kira, sekian review saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Untuk VisiMedia, terimakasih sudah memberikan saya kesempatan untuk review buku ini. Mohon maaf ya kalau review ini masih kurang “nendang”. Hehehe. Semangat dan terus kembangkan buku-buku mengenai sejarah tokoh penting di dunia! ^^
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s