[Review] Simple Thinking About Blood Type – Park Dong Sun

Simple Thinking of Blood TypeTitle : Simple Thinking About Blood Type.

Author : Park Dong Sun.

Publisher : Penerbit Haru.

ISBN : 978-6027-742-246.

Total pages : 278 p.

Buy From : Penerbit Haru. – IDR 49,300.

You can buy from : Yes24 IDR 49,300.

Rating : 4* / 5.

Hello friends! ^^ Akhirnya aku kembali dengan buku Simple Thinking About Blood Type ini. Buku ini dibuat oleh Park Dong Sun (komikus di Korea) yang akhirnya diterjemahkan oleh Penerbit Haru. Jujur aja, aku mau beli buku ini karena aku Haru Syndrome :D, jadi nggak lengkap kalau nggak beli bukunya PH!

Nah, buku ini merupakan nonfiction yang pertama kali aku baca sampai tuntas. (Nonfiksi bukan genre aku banget, jadi agak susah menyelesaikannya ^^). Karena buku ini berbentuk seperti komik (nggak begitu banyak tulisan), maka saya minat menyelesaikannya ^^.

Buku ini terdiri dari 3 BAB utama yaitu :

BAB I : Mengetahui Sifat Seseorang Melalui Golongan Darah.

BAB II : Hubungan Sosial Antargolongan Darah.

BAB III : Cerita Seru Golongan Darah.
Dari antara ketiga bab ini, aku paling suka BAB I. Karena aku menyamakan semuanya dengan sifatku dan mirip, jadi suka banget! Huehehehehehe.
Berdasar yang aku simpulkan, golongan darah A merupakan pribadi yang keras kepala, kuat, taat pada peraturan, baik hati, dan suka memendam perasaan (sulit mengekspresikan diri). Orang yang bergolongan darah A banyak melakukan persiapan yang sempurna karena pesimis terhadap masa depan. Mereka paling pintar dalam kerja sama tim dan melaksanakan tugas. Hal yang paling dibenci oleh golongan darah ini adalah ketika ada seseorang menegurnya didepan banyak orang, maka orang ini akan memendam amarahnya dalam diam. Cara belajar golongan darah A sedikit lambat, sehingga mereka harus belajar melalui pemahaman sendiri, yang akan berkembang secara mengejutkan. Posisi yang paling disukai dalam suatu ruangan adalah di dekat tembok.
Sementara orang yang bergolongan darah B, mereka bebas dan cuek. Mereka dengan senang hati mengekspresikan apa yang mereka rasakan. Misalnya mereka suka / tidak suka, maka mereka akan langsung mengatakannya karena tidak tahu apa alasan untuk menyembunyikannya. Mereka sangat pintar dalam hal mengeluarkan ide. Hal yang paling dibenci oleh golongan darah B adalah ketika dirinya merasa diabaikan. Kalau sudah pada batasnya, golongan darah B sulit mengontrol emosinya. Cara belajar yang efektif untuk golongan darah B adalah mengajaknya belajar sambil bermain (mereka tidak menyukai kata belajar). Posisi yang paling disukainya adalah di tengah ruangan.
Berbeda dengan golongan darah B, golongan darah O merupakan pribadi yang ceria dan bebas. Kelebihan golongan darah O adalah kritis dan tepat waktu. Golongan darah O memiliki semangat hidup yang tinggi, dan biasanya mereka percaya diri (meskipun begitu, aku nggak percaya diri lho). Golongan darah O paling pintar dalam kemampuan mengingat. Bagaimanapun, golongan darah O memiliki niat yang paling besar dalam mencapai tujuan, namun jika dirasanya sudah tidak mungkin lagi, semangatnya langsung turun drastis. Cara belajar yang efektif untuk golongan darah O adalah menghafalnya secara berulang kali. Hal yang paling dibencinya adalah ketika seseorang menentang pendapatnya yang sangat kuat. Posisi yang paling disukai di ruangan adalah mondar-mandir karena serba ingin tahu :)))
Untuk orang yang bergolongan darah AB, mereka memiliki sifat yang agak rumit. Karena merupakan campuran antara golongan darah A yang tenang dan stabil, juga plinplan seperti golongan darah B. Golongan darah AB bersifat realistis, dan merupakan kritikus yang berbakat dan pandai memberikan saran, namun tidak semua orang menyukai kritiknya meskipun merupakan kebenaran :). Di sisi lain, ada orang yang bergolongan darah AB bersikap aneh dan sentimental. Orang yang bergolongan darah AB sangat pandai bernegosiasi. Cara belajar yang tepat untuk orang bergolongan darah AB harus secara khusus, karena mereka sulit ditebak. Hal yang paling dibenci golongan darah AB adalah ketika seseorang munafik, bermuka dua atau berkhianat padanya, maka ia akan “cukup tahu”. Untuk golongan darah ini, mereka akan membatasi diri dan memberi jarak kepada semua orang. Posisi yang paling disukai di ruangan adalah di sudut ruangan.
Nah, kira-kira begitu saja yang dapat saya simpulkan. Hehehehe, karena saya tidak berbakat dalam hal menyimpulkan nonfiksi, maka mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang salah ^^V.
Apakah kamu merasa sifatmu sesuai dengan golongan darahmu? Temukan lengkapnya di buku ini yaaa ^^ gambarnya lucu-lucu!
Advertisements

9 thoughts on “[Review] Simple Thinking About Blood Type – Park Dong Sun

  1. Aku ikut ngeramein komennya ahh.. jd nnti kalo ada GA, udh gak perlu komen lagi deeehh.. Wkwkwkwk.

    Aku gol. darahnya AB. Bener sih, aku “cerewet”. Klo emg lg niat, ya komenku bisa panjaaaaaaaaaaaaaang, tp klo gak niat, ya komennya ogah2an malah gak mutu. xDD
    Besok aku kerja jadi komentator ajalah. Enak, cm tinggal cuap2, terus d bayar. Bayarannya, dibuat beli buku deeehh. Biar bukuku bs nyaingin Ci Joo. Wkwkwkwk.

    Hampir semuanya bener menurutkuuu. Si Park Dong Sun ini pinter yah? Hrsnya ikut The Nexy Mentalist nih. Hahahaha.

    Oke, komenku udh mulai ngelantur ke mana2, jd cukup sgni aja lah. Udh plg panjang drpd yg lain kaaaaann?? XDDDD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s