[Hai Author] Interview with Orizuka and Lia Indra Andriana about Oppa and I Series

Embedded image permalink
*me with Kak Lia Indra Andriana and Kak Orizuka*
Hey-ho friends! ^^ Postingan ini sebenarnya lebih merujuk kepada jawaban dari Give Away yang aku adakan minggu lalu mengenai Oppa and I : Love Signs ya… Pertanyaan dari para peserta sudah saya teruskan kepada kak Orizuka dan kak Lia Indra Andriana.. Dan di bawah ini sudah terdapat jawabannya šŸ™‚
Terima kasih ya sudah ikut berpartisipasi dalam give away ini šŸ™‚ Dan supaya lebih spesial, aku akan mengumumkan pemenang give away ini pada tanggal 25 Desember 2013 ya, bersamaan dengan hari ulang tahunku :))) So, stay tune! ^^
Berbicara tentang ulang tahun, hari ini adalah ulang tahunnya kak Lia Indra Andriana lhooo, sudah mengucapkan selamat ulang tahun? :p mari ke twitternya @sayaquavi hihihi. Happy birthday ya kak Lia! wish you all the best and God always bless you! šŸ˜€ Semoga terus sukses dan memukaukan kita dengan buku-bukunya yang luar biasa bagus itu šŸ™‚
Daripada panjang lebar berbicara, yuk disimak jawaban dari kak Lia dan kak Orizuka di bawah ini :
1. Mengapa Oppa and I tidak dibuat tetralogi saja sesuai dengan cover novel (pertama musim semi, kedua musim dingin, ketiga musim panas) sehingga mungkin yang keempat bisa jadi musim gugur?
Dari awal tidak ada konsep empat musim; cover-cover itu sesuai setting saja. Kami jadikan seri karena responsnya bagus dan banyak yang meminta sekuel. Karena kami sendiri senang mengerjakannya, maka kami pun meneruskannya hingga jilid ke-3, dan memutuskan untuk membuat buku ke-3 ini sebagai jilid terakhir.Ā 
2.Ā Dalam menulis duet biasanya ada kendala dalam masalah egoĀ masing-masing. Bagaimana cara Orizuka dan Lia bisa menjembataniĀ kendala tersebut selama menulis Oppa & I ini?
Pada dasarnya, kita memang jarang selisih pendapat. Kalaupun ada, bisa dicari jalan tengahnya dengan berdiskusi. Yang penting, pendapat tersebut didasari dengan alasan yang kuat dan jelas, dan disampaikan secara baik-baik.
3.Ā Jika Oppa & I difilmkan, dreamcast Orizuka dan Lia untuk Jae In danĀ Jae Kwon itu siapa?
Kalau dulu sih kita pernah membayangkan Jae Kwon = Chansung (2PM), dan Jae In = Suzy (Miss A), tapi kalau dipikir-pikir lagi, sekarang sudah tidak cocok ya.
Ā 4.Ā Ada banyak tokoh-tokoh di Novel Oppa & I dengan berbagai karakter masing-masing yang tentunya sangat menarik. Jika harus memilih satu tokoh yang paling kalian sukai di Novel Oppa & I, siapa dia dan kenapa?
Ori: Jae In. Sedikit-banyak mirip aku ^ ^; Dan dia itu chic banget (yang bagian ini nggak mirip aku) haha
Ā 
Lia: Jae In. Karena terkesan misterius jadi bikin orang penasaran ^^
5. Pesan apa yang ingin kakakĀ berdua sampaikan melalui trilogi novel Oppa & I ini?
Yang paling utama sih tentang keluarga. Melalui naik-turunnya hubungan antar anggota keluarga di buku ini, kami berharap para pembaca bisa lebih menyadari pentingnya keluarga.
6.Ā Novel Oppa and IĀ kan sudah menjadi best seller di Indonesia. Kalau misalnya suatu saat nanti diangkat menjadi K-Drama (nothing impossible ya hehe), menurut Kak Lia dan Kak Orizuka siapakah artis Korea yang cocok untuk memainkan peran Jae Kwon dan Jae In?
Jujur saja, kami masih belum punya ide. Mungkin bisa di-casting saja. Atau ada saran dari para pembaca?
7.Ā Bagaimana cara Kak Orizuka dan Kak Lia membagi tugas dalam pembuatan novel ini? Misalnya apakah Kak Orizuka yang membuat bagian Jae Kwon dan Kak Lia yang membuat bagian Jae In, atau bagaimana?
Bagian Jae Kwon ditulis oleh Lia, bagian Jae In oleh Orizuka.
Ā 8. Jika Kak Orizuka / Kak Lia menjadi tokoh Ha Neul, kalau boleh memilih, siapakah idola kalian untuk menjadi Jae Kwon nya?
Masih belum tahu.
9. [Misalnya] Oppa and I diperpanjang lagi menjadi 4 series, kira-kira yang keempatnya ceritanya akan seperti apa ya?
Kami tidak tahu, karena belum berpikir sampai ke sana. Kami sudah memutuskan bahwa seri ini akan berakhir di jilid ketiga.
10. Aku belum pernah baca serial Oppa and I, siapa sih bayangan kakak yang tepat untuk menggambarkan karakternya? Dan mengapa memilih Korea sebagai latar? Apakah karena hallyu wave?
Jadi, awalnya kami mendapat tawaran dari KoreanUpdates.com untuk mengisi salah satu corner di website-nya. Karena kami penulis fiksi, maka kami membuat cerita ini sebagai webseries. Korea dipilih sebagai setting karena selain KoreanUpdates.com adalah website yang berisi berita tentang Korea (khususnya Kpop), kami berdua juga suka dengan Korea. Walaupun demikian, kami juga memasukkan unsur Indonesia dengan membuat si kembar berdarah Korea-Indonesia.
Ā 11. Bagaimana awalnya kak Lia dan kak Orizuka menemukan ide Oppa and I?
Awalnya kami ingin membuat cerita remaja, tetapi yang fokusnya tidak di hubungan percintaan lawan jenis. Setelah berdiskusi (saat itu via Y!M), kami akhirnya memilih tema keluarga, lebih khususnya hubungan antara kakak dan adik.
12. Menurut kak Lia dan kak Orizuka, moment yang paling keren di Oppa and I itu di edisi pertama, kedua atau ketiga? Yang paling kakak rekomendasikan yang mana?
Ori: Momen favoritku mungkin ada di bukuĀ 2, saat Seung Won meninggalkan nomor ponselnya di lantai balkon untuk Jae In.
Ā 
Lia: Buku 1! Saat Jae In menerima hadiah dari ayahnya.
13. Oppa and I seri keberapa kah yang kak Lia dan kak Orizuka paling lama perundingannya?
Jelas buku satu, karena banyak sekali yang harus didiskusikan mulai dari tema, alur, karakter, dsb, dsb. Mikir nama Park Jae Kwon dan Park Jae In aja butuh semalam suntuk!
14. kira-kira kak Orizuka dan kak Lia membutuhkan waktu berapa lama untuk memikirkan karakter Jae In yang tidak perhatian dengan “cinta” jadi dapat memahami cinta dengan banyaknya proses yang sangat natural yang telah dilaluinya?
Persisnya sih tidak ingat, tapi berhari-hari. Karakter-karakter ini juga kami resapi sambil mendiskusikan alur.
Ā 15. Saat menciptakan tokoh Seung Won, apaĀ kakĀ Orizuka danĀ kakĀ LiaĀ membayangkanĀ artis Korea tertentu?
Tidak ada yang spesifik.
16. Kalau boleh pilih salah satu diantara kembar, kak Orizuka dan kak Lia pilih Jae Kwon atau Jae In? Mengapa?
Ori: Jae In! Karena aku menulis dari sisi dia, aku merasa sangat dekat dengan karakternya.
Ā 
Lia: Jae In! Karena Jae Kwon terlalu ajaib ^^;
17.Ā Setelah menghasilkan seri Oppa & I sampai di nomor 3 ini, Kak Lia dan Kak Ori pastinya semakin saling mengenal karakter kepenulisan dan gaya kreatif dalam menulis. Nah, bagaimana Kak Lia dan Kak Ori saling menilai karakter masing-masing selama nulis kolaborasi itu? Tuliskan tiga karakter yang digambarkan dengan 1 kata, ya! ^^
Ori: Maaf, aku kurang paham pertanyaan terakhir ^ ^; Tapi kalau harus menilai karakter penulisan Lia, aku suka dibuat kagum sama pemilihan katanya.
Ā 
Lia: Aku suka gaya nulis Orizuka yang bisa membuat sebuah adegan mengharu biru dengan gaya bahasa yang simple ^^
18.Ā Bagaimana cara kakak membuat cerita Oppa and I mengalir dan memiliki alur yang menarik?
Kami saling mengingatkan kalau ada hal-hal yang di luar alur cerita atau ada yang tidak enak dibaca.
19. Bagaimana cara kakak membuat karakteristik di Oppa and I dengan kuat?
Dengan banyak berdiskusi dan membuat character breakdown.
20. Mengapa judul novelnya Oppa and I? Dan, apa ada arti dibalik kedua novel seri lanjutannya Love Missions dan Love Signs?
Oppa & I, karena kisah ini dimulai dari Jae In yang membenci kakak laki-lakinya dan bagaimana naik turunnya hubungan mereka.
Ā 
Love Missions, tentang misi-misi mereka dalam menyelamatkan hubungan cinta.
Ā 
Love Signs, tentang tanda-tanda orang jatuh cinta.
21.Ā Saat membuat Oppa and I Series, sempat kena writer’s block nggak kak?
Karena sudah ada alur yang jelas (dan sudah didiskusikan sebelumnya), tidak pernah.
22. Menurut kak Lia dan kak Orizuka, siapa lebih tampan? Jae Kwon atau Seung Won?
Ori: Mungkin Jae Kwon yang lebih tampan, tapi lebih charming Seung Won ^ ^v
Ā 
Lia: Karena waktu nulis sebenarnya tidak membayangkan seseorang secara khusus jadi susah juga menjawabnya. Tapi sepertinya Seung Won memang lebih charming dan pintar menaklukkan hati wanita :))
Terakhir nih kakak-kakak, pertanyaan dariku :
1. Apa ada pesan untuk peserta yang sudah ikutan give away? šŸ˜€
Terima kasih ya sudah memberikan pertanyaan, semoga jawabannya memuaskan. Ditunggu komentarnya ya kalau sudah baca seri Oppa & I!
2. Apa ada yang ingin disampaikan kepada pembaca setia Oppa and I (selain di balik buku Oppa and I : Love Signs? hehehe)
Terima kasih karena sudah membaca seri Oppa & I! Seri ini tidak akan ada tanpa kalian #terHARU
3. Kira-kira, apa akan ada rencana untuk membuat novel duet lagi?
Untuk saat ini, belum ada. Tapi ke depannya, siapa yang tahu.
Nah, berikut jawaban dari kak Orizuka dan kak Lia yang manis ini… Apakah sudah menjawab pertanyaanmu? šŸ™‚
Kalau begitu, postingan ini aku tutup dengan biodata singkat kak Orizuka dan kak Lia Indra Andriana saja ya… šŸ™‚
Orizuka (nama asli Okke Rizka Septania) adalah pengarang novel remaja yang telah menghasilkan 21 karya. Satu di antaranya yaitu Summer Breeze telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008. Lahir di Palembang 26 tahun silam, penggemar thriller ini senang mempelajari bahasa asing. Selain menulis, di waktu luang ia gemar membaca, menonton, mendengarkan musik serta fangirling bersama para Kpoppers.
Lia Indra Andriana lahir di Ponorogo, 19 Desember 1986, dan menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga pada tahun 2004-2009.
Semoga postingan ini membuatmu lebih mengenal kak Orizuka dan kak Lia Indra Andriana lebih dalam lagi šŸ™‚ Cheers!
Advertisements

3 thoughts on “[Hai Author] Interview with Orizuka and Lia Indra Andriana about Oppa and I Series

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s