[Review #10] The Truth About Forever by Orizuka

Image

Judul : The Truth About Forever

Penulis : Orizuka

Penerbit : Gagas Media

Halaman : 312p

Beli diΒ Yes24 (@Yes24Indonesia) : IDR 40.800

Sinopsis :

Seberapa berharga sih satu detik itu? Tik. Sebentar saja dia langsung berlalu. Tik. Satu detik pergi lagi. Tak ada harganya.

Tapi tunggu sampai kau sadar waktumu hampir habis. Tik. Kau ingat selama ini jarang beramal. Tik. Kau teringat mimpi-mimpi yang nggak sempat kau wujudkan. Tik. Kau sadar nggak cukup menyayangi keluarga dan teman-temanmu. Tik. Tik. Tik. Kau panik, takut menyia-nyiakan lebih banyak waktu lagi.

Yogas merasa demikian ketika divonis nggak akan berumur panjang. Tapi bukannya memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik-baiknya, dia malah diam-diam pergi ke Yogyakarta.

Kedatangannya ke sana nggak lain untuk balas dendam kepada orang yang dianggapnya bertanggung jawab atas semua ini. Bahkan kalau perlu, mati bersama.

Saat itulah cinta datang. Memberi pengharapan, membuatnya merasakan setitik kebahagiaan di dalam kelam hidupnya. Dan sekarang, keputusan itu ada di tangan Yogas. Karena cinta dan benci nggak akan pernah akur.

Jadi, Yogas…, pilih yang mana? Sementara kamu berpikir…. Tik.

Hello Readers! πŸ™‚ akhirnya setelah beberapa hari nggak post, aku kembali dengan buku Orizuka yang berjudul The Truth About Forever.

Kalau sebelumnya aku sempet mention bahwa aku paling suka buku The Chronicles of Audy : 4R dari antara keduapuluh buku nya Kak Orizuka, sekarang aku ganti jadi : The Truth About Forever. (aku agak telat baca ya hehehe).

Aku suka sama setiap bukunya Kak Orizuka, karena dari yang aku simpulkan sih, hampir semua bukunya yang sudah aku baca itu pasti ada aja pemeran utama cowoknya itu cuek-cuek cool gimana gitu.

Contoh : Putra di After School Club, Raya di Call Me Miss J, Rex di Chronicles of Audy : 4R, Ares di Summer Breeze, dan sekarang Yogas di The Truth About Forever.

Saat pertama kali baca sinopsis The Truth About Forever yang ada di belakang sampul buku, aku Β sudah bisa menyimpulkan bahwa sebenernya novel ini sad ending, dan jujur bacanya agak sedikit merinding.

Di novel ini, kak Orizuka menggambarkan sosok Yogas (pemeran utama) sebagai laki-laki pendiam yang dingin, cuek, dan emosian. Sedangkan Kana (pemeran utama juga) adalah gadis yang ceria, polos, dan serba-mau-tahu menurut Yogas.

Mereka bertemu untuk pertama kalinya di kost dimana Yogas tinggal selama di Jogjakarta. Tujuannya ke Jogja hanya satu : mencari seseorang yang membuatnya mengidap penyakit yang merusak hidupnya dan akan mengambil nyawanya. Kana yang merupakan keponakan dari pemilik kost itu tentu saja heran karena bisa-bisanya Tantenya memberikan tempat untuk cowok itu selantai dengannya, di lantai 2, dan ber.se.be.lah.an.

Sikap Yogas yang amat sangat cuek itu membuat Kana memberikan perhatian lebih padanya. Kok ada laki-laki secuek itu? Kok ada laki-laki sedingin itu? Ketika Kana bertanya darimana laki-laki itu berasal, dengan santai Yogas menjawab dari atas. Dari Mars, dan Kana percaya bahwa laki-laki itu memang tidak waras.

Sebentar baik, sebentar jahat. Kana memutuskan untuk mencoba tidak perduli pada laki-laki aneh itu. Namun sikapnya yang tidak bisa ditebak justru malah membuat Kana penasaran dan selalu bertanya pada Yogas mengenai hal pribadinya yang membuat Yogas risih.

Suatu kali, Yogas menyuruh Kana untuk tidak pernah mencampuri urusan Yogas dan jangan mengganggu Yogas lagi. Kana pun berusaha untuk melakukannya, namun secara refleks, ia selalu saja mengajak ngobrol Yogas.

Sebenarnya, kisah Yogas dan Kana ini agak bisa tertebak alurnya bahwa akhirnya mereka jatuh cinta, namun Yogas memaksakan diri untuk tidak merasakan “bahagia” walau sedikit saja.

Eno, sahabat Yogas sudah menasihatinya, untuk segera menyelesaikan urusannya di Jogjakarta dan pulang jika memang tidak ingin terlibat dengan Kana. Namun, Yogas bimbang. Di satu sisi, ia ingin membuat Kana untuk pergi dari hidupnya, supaya ia tidak lagi merasakan bahagia. Namun disisi lain, Yogas takut Kana akan pergi darinya, dan membuat kebahagiaannya hancur dalam sekejap.

Akhirnya, apa yang akan Yogas lakukan selanjutnya? Apakah Yogas akan berhasil menyelesaikan urusannya di Jogjakarta? Akankah Kana berhasil mendapatkan hati Yogas yang merupakan cinta pertamanya? Akankah sikap Yogas pada Kana berubah seiring berjalannya waktu? Sementara kamu berpikir, Tik!

Penasaran kan? Makanya, ayo kita simak buku The Truth About Forever yang satu ini. Recommended untuk dibaca! πŸ˜‰

Advertisements

42 thoughts on “[Review #10] The Truth About Forever by Orizuka

  1. Kali ini aku pilih komen di sini aja deh. Buku yg baru kubaca, berkat temenku. =D

    Aku suka baca reviewmu kak, jelas, tapi gak mengumbar rahasia bukunya. Soalnya jujur aja aku paling benci kalo dibocorin ending cerita sblm aku baca bukunya, kan jadi gak seruu..
    Nah, kalo review buatan kk ituu, malah bikin yg baca penasaran. Hrsnya sinopsis di belakang buku tuh modelnya kyk begini, jelas dan tidak menipu -_-

    Tapi aku agak kurang puas sama ending cerita iniii. Hrsnya Yogas mati krn penyakitnya, itu bakal bikin readers nangis lebih parah πŸ˜€

    But, I agree with you.. I love–really love– Rex!! And Yogas too.. But not Rayan, he is too old for me :p
    Benji boleh jg. Hahaha.

  2. Suka banget sama novel karya Orizuka yang satu ini!
    Feel nya dapet banget πŸ˜€ ceritanya umum sih, awalnya Yogas dan Kana berantem terus akhirnya saling cinta, tapi sedih pas tau Yogas meninggal di endingnya :3

    kak Jo reviewnya bagus πŸ™‚ jadi makin bikin penasaran orang yang belum pernah baca bukunya lho πŸ˜€ *sayangnya aku udah baca*

  3. Hai Kak Jo πŸ™‚
    Bahasa kakak yang lugas, tidak berbelit-belit dan menceritakan isi cerita dengan menarik membuat aku sangat-sangat suka sama review kakak yang satu ini! Dan.. kakak berhasil bikin aku penasaran sama cerita ini! ><
    I hope I can read this novel someday πŸ™‚

  4. Hai Kak Joo!

    Aku pilih komen disini ya utk #BirthdayGiveaway..

    Aku udah baca ‘The Truth About Forever’ and… I really really love this book! Sama kayak kakak yg bilang kalau buku ini adalah karya Kak Orizuka yg paling kakak sukai, aku juga sependapat dgn kakak. Cuma ada beberapa buku yg berhasil bikin aku mengeluarkan air mata. Dan salah satunya adalah buku ini, huhuhu.. T T
    Suka banget sama karakter Yogas yg dingin, cuek, tapi bahkan rela ‘mengasingkan’ dirinya sendiri karena nggak mau ada orang lain yg tertular penyakitnya, kasian bgt cowok baik tapi nasibnya nggak baik.. T T

    Awal-awalnya aku agak kurang betah membaca nya. Karena kupikir alurnya agak lambat. Tapi karena penasaran, aku lanjutkan membacanya sampai habis. Bagian favoritku adalah saat mereka berdua ada di lantai 3, memandangi langit sambil berdua. Aah manisnya… T T

    Untuk review Kakak, menurut aku sudah bagus. Menggambarkan isi buka secara mendetail, agar banyak yg tertarik utk membacanya. Lengkap bgt. Mulai dari identitas buku, sinopsis, pembahasan tokoh dan karakternya, Pendapat kakak, bocoran plot ceritanya, semua mengundang pembaca utk tertarik membaca ‘The Truth About Forever’. Tapi menurut aku, review kakak agak terlalu banyak mengandung spoiler. Mulai dari tujuan Yogas dtg ke Jogjakarta, Yogas yg akhirnya jatuh cinta dgn Kana, semua kakak tuliskan. Untung saja endingnya nggak kelepasan Kakak tulis, hohoho.. xD

    Tapi no problem, lah. Aku tetep suka review Kakak yg ini, lengkap dan mendetail. Isinya murni pendapat kakak dan tidak menipu. Dan pastinya, menarik pembaca utk membaca buku yg udah Kakak rekomendasiin karena udh di review oleh dgn bagus.. πŸ˜€

    • Ya ampun banyak typo-nya.. T T

      Maksud aku..

      *memandangi langit berdua
      *tambahan bagian favorit:
      Ending! Saat Kana berada di pantai dan nggak sengaja denger sesuatu di IPod Yogas. Aku nangis bacanya, loh.. T T
      *di review oleh Kakak dgn bagus

      Maaf ya Kak salah ngetik terus hehe πŸ˜€

      • Hehehehe, tadinya endingnya udah kelepasan mau ditulis, eh masih inget diri xD

        Tapi endingnyaaa bagus banget itu lho, aku juga sampe nangis sesenggukan *hiks*

        Btw, terimakasih ya sudah ikut berpartisipasi πŸ™‚ semoga kamu salah satu yang beruntung memenangkan give away ini πŸ™‚

  5. Untuk #BirthdayGiveAway aku pilih koment di (Review) The Truth About Forever πŸ™‚ Suka banget sama reviewnya, keren, bikin penasaarn, jadi pengen beli deh.. Pokoknya review kakak jelas, tidak bertele-tele. Walaupun baru baca review aja tapi sampe kebawa deh sma ceritanya, bisa ngebayangin sendiri… Bakalan nangis pasti saya klo baca novel “The Truth About Forever” Love it!

  6. annyeong~ πŸ˜€
    ini komen aku buat #BirthdayGiveaway nya yaah~~

    aku pilih review novel yang ini krna aku sama sx belom baca karya Orizuka yang satu ini.. denger dari temen sih katanya bagus. terus pas baca review ini, aku baru bner-bner yakin kalo novel ini bagus BANGET! *jerit2-minta-dibeliin* XP

    cara me-review nya bagus kok^^
    tapi, buat masukan aja nih,,, pendapat-pendapat pribadinya dibanyakan lagi dong, misalnya “aku rasa tokoh ini bner-bner romantis, apalagi pas di adegan halaman XX!”
    terus jalan ceritanya jangan terlalu diumbar.. nanti kalo ada yang belom baca novelnya jadi udah nggak surprise lagi deh pas bacanya πŸ™‚
    hehe… gitu aja deh soal post review nya πŸ™‚

    aah… ternyata banyak juga yg suka sama karya-karyanya kak Orizuka πŸ˜€
    hehe… dari dulu udah kepengen banget beli yang ini! tapi selalu ketunda gegara pngen novel laen yg baru terbit XD
    wkwkwk~

    oke… sekian komen dari saya… hehe~
    good luck for you^^ πŸ™‚

    • terimakasih yaaa sebelumnya sudah ikut berpatisipasi ^^

      dan terimakasih atas pujian bagusnya itu xD

      Nah itu dia, aku lagi mencoba untuk mengusahakan memberi lebih pendapat pribadi atas novel yang aku baca πŸ™‚

      semoga review selanjutnya sudah banyak ya pendapat pribadiku πŸ™‚

      Iya, aku suka banget sama kak Orizuka, aduh karyanyaaa mantap! Orangnya juga baik hati πŸ™‚

      Buku ini harus – kudu – wajib masuk wishlist mu lho :p

      Oke deeeh.. Thanks yaaa πŸ™‚ semoga kamu beruntung memenangkan hadiah give away ini! ^^

      • hehe.. sama-sama buat semua terima kasihnya^^ wkwkwk…
        sip! ditunggu yah review-review yang lainnya πŸ™‚

        aku jadi suka karya kak Orizuka gara” tmen aku yg udah duluan suka.. hehe… dia yang kasih tau kalo karya”nya kak Orizuka keren” πŸ˜€

        okeoke~ udah dicatet di wishlist nih.. hehe… tinggal tunggu waktu aja lah πŸ˜€
        sukses terus ya^^

  7. haloooo saya mau ikutan #birthdaygiveaway ya… jadi saya mau komen sedikit tentang review kamu utk buku ini.

    oke, pertama : kenapa saya ingin komen di review ini? karena saya penyuka genre sad ending. jadi waktu saya baca kalimat kamu yg mengatakan akhir novel ini yg gk bahagia dan bikin kamu merinding akhirnya saya bergairah baca review-nya dan jadi tertarik sama bukunya πŸ™‚

    tapi ada saran nih, (saran aja sih, gk harus diikuti kalau keberatan) karena gk semua orang suka dibocorin ending suatu jalan cerita (kecuali utk saya yg emang doyan dapet spoiler hehe) ada baiknya disimpen dulu spoiler ending nya. cukup kasih umpan yg bikin pembacanya penasaran dan menemukan jawabannya di novel itu sendiri. sama lebih dipertajem aja perwatakan masing2 karakter, nggak harus mendetail tapi minimal mewakili secara garis besar. udah itu aja, karena saya sendiri belum becus dalam dunia tulis menulis jadi nggak berhak kritik banyak hehehe

    kalau novelnya sih udah yakin bagus, karena SAD ENDING!!! HEHEHEHE

    yang terakhir : selamat ulang tahun /tebar konfeti/ πŸ™‚
    semoga makin dekat dan disayang Tuhan, selalu sehat dan tercapai apa yg dikehendaki πŸ™‚

    keep hard work πŸ™‚

    • hai kak ^^

      terimakasih ya sudah ikut berpartisipasi dalam give awayku πŸ™‚ semoga beruntung memenangkan hadiahnya ^^

      untuk sarannya aku tampung yaaa πŸ˜€ kadang suka kelepasan *jedotin kepala*

      aku sendiri juga masih banyak belajar soal tulis menulis πŸ˜€

      iya, ini bagus banget, dan kayaknya selera kita sama karena aku jg pecinta sad ending πŸ˜€

      thank you yaa, masih tanggal 25 sih ^^

  8. Aku ternyata pernah baca novel ini karena keingetan dengan sinopsisnya *tepok jidat* :))

    Lumayan suka sama buku ini, walaupun waktu itu aku mikir ada beberapa poin yang kurang dalam buku ini…

    Dan nyambung dengan komentar di atas aku, kalo emang mau ada spoiler gpp kok, Jo. Cuma dari awal dikasih peringatan aja kalo misalnya mau ada spoilernya πŸ˜€

  9. komen ini untuk #BirthdayGiveaway dan Selamat Ulang Tahun yg ke 18 yaa ntar tgl 25 <:o)

    kenapa milih ini? karena…..heiii aku juga penggemar novelnya kak Orizuka! Tapi untuk novel yang satu ini aku belom baca *kesamber petir*. Dan setelah baca review ini aku jadi makin penasaran, benarkah ini novel paling bagus diantara novel ka Ori yang lain? aaaakk penasaran!

    btw, aku suka cara penuturanmu di atas, terkesan bersahabat dan bacanya pun jadi nyaman. Ini lebih fokus ke nyeritain isinya ya dibanding ngasih pendapat? padahal kalo kebanyakan ngumbar cerita ntar si aku yg belum baca jadi udah tau gak kejutan pas baca novelnya._. tapi tetep penasaran sih kalo Orizuka mah, heheh. Oya, pendapatnya juga dibanyakin dong, supaya kita tau kelebihan dan keurangan novel ini gitu misalnya πŸ™‚

  10. *Untuk event Birthday Give Away ya*

    Penasaraaaaan…
    Keren banget nih review-nya, Joo. #DuaJempol
    Sukses bikin aku penasaran dan rasanya pengen langsung pergi ke tokbuk online atau meluncur ke Palembang *yang ini niatnya sekalian jalan-jalan*
    Hehehee…

    Di kotaku, nggak ada tokbuk lengkap, karena kota kecil kabupaten. Gramedia adanya di Palembang. Hiks… πŸ˜₯ Ribeeet banget deh kalo udah kesensem sama buku kayak gini dan nggak bisa dicari. Pernah beli buku sama penulisnya langsung, eh tempat pengirimannya nggak bisa ngirim kesini, bisa-nya sampai ke Palembang doang. Ampuuun deh! tapi pas bukunya nyampe, rasanya seneeeeng banget. πŸ˜€

    *Kok malah curhat? Hehehee… :D*

    Pokoknya liat review ini, jadi pengen baca. Nah loh, gimana ini?

  11. Untuk event bitrhday give away
    hiyaaa,… jadi penasaran,.. cowok2 yang angkuh, dingin, cuek, jutek tu bikin gregetan,.. hehheee..
    tapi dari segi alur cerita sayang ya, kalo liat covernya aja udah ketebak gituuhh,..
    eh btw Happy birthday yaaa,.. si mamasku juga lagi ulang tahun,.. semoga bisa menang, kan bukunya bisa buat kado πŸ˜€ *ngareppp

  12. Untuk birthday giveaway

    Wooo dari beberapa review Kakak yang aku baca, aku paling suka sama yang ini. Kakak memberi info yang hampir detail, contohnya; foto novelnya, Judulnya, Penulisnya, Penerbitnya, Halamannya, Belinya di mana, Sinopsisnya, dan beberapa karakter tokoh novel.

    Aku suka banget sama reviewnya, Kakak menjelaskan cerita dengan detail, tapi sangat membuat kita penasaran untuk segera membaca novel ini(bagi yang belum membaca). Kakak bisa mengatur review ini jadi review yang hebat. Aku ngasih 4 dari 5 bintang buat review Kakak. Kenapa ngga ngasih 5? Soalnya Kakak ngga ngasih beberapa quote dalam novel ini hehe.
    Tapi overall, review ini bagus kok Kak, aku suka ^^

  13. Untuk Event Birthday Give Away
    Pas liat list review nya kak Jo dan menemukan tulisan truth about forever langsung deh di klik.Dannnn…
    Setelah membaca review kak joo yang simple,detail,tapi ga spoiler rasanya jadi pingin baca ini buku(MENDADAK PENASARAN).Terakhir baca buku sad endingnya kak Ori yg Summer Breeze…BIKIN NANGIS.Dan itu membuat aku pingin baca buku ini dan ingin membuktikan review kak Joo kalau buku ini bikin merinding.Hehehe…

    Btw,Happy Birthday buat kak Joo tanggal 25 nanti…SEMOGA makin disayang semua orang:D Amiinnnn

    /WISH ME LUCK/

  14. Untuk event Birthday Giveaway.

    Ah, aku cinta mati sama novel ini, dan baca review kakak bikin aku nostalgia. Cuma baca reviewnya aja aku udah kebawa emosi kayak lagi baca full novelnya. Way to go, kak (;;

    Anyway, kakak ultah pas hari Natal? Must be lovely! Hope you have a great birthday and Christmas! πŸ˜€

  15. Hai, Jo. Anyway, Selamat Ulang Tahun Yak ^^

    Aye, aku juga sangat menyukai novel ini. The Truth About Forever adalah buku kedua terfavoritku dari Kak Orizuka setelah Infinitely Yours. Kisah TTAF sangat-sangat membuatku terkesan. Kata-kata Kak Ori memang apa adanya dan sederhana tapi keseluruhan ceritanya sangat bermakna. Kurasakan di novel ini. Aku sampai nangis membacanya. Apalagi pada bagian remakan suara Yogas untuk Kana. It’s so heartwarming and also heartbreaking. πŸ˜₯
    Aku juga mereviewnya di blogku, anytime kamu boleh main ke blogku. ^_^

    Untuk event Birthday Giveaway ^_^
    Salam Kenal
    @sofiadhe

  16. Komen untuk even b’day giveaway:

    Baca review ini, jadi pengen mengenal lebih jauh tentang buku2 Orizuka. Jujur saya baru baca beberapa aja >.< Tapi msh belum ngefans benar. Gak seperti kamu yang smapai hapal dan bahkan menuliskannya di sini, emmbuat semua jadi tertular ngefans Orizuka:

    "Aku suka sama setiap bukunya Kak Orizuka, karena dari yang aku simpulkan sih, hampir semua bukunya yang sudah aku baca itu pasti ada aja pemeran utama cowoknya itu cuek-cuek cool gimana gitu.
    Contoh : Putra di After School Club, Raya di Call Me Miss J, Rex di Chronicles of Audy : 4R, Ares di Summer Breeze, dan sekarang Yogas di The Truth About Forever."

    Tuh … apal banget kan? Jadi pengen borong semua judul2 yang kamu sebutin, sebab diam2 saya kesemsem dengan tokoh cowok cuek πŸ˜€

    Tahukah kamu? cara kamu menyertakan beberapa alur pertanyaan di bagian akhhir review secara tidak langsung bikin pembaca jadi penasaran tingkat tinggi. Terlebih kamu beri akhiran … "Sementara kamu berpikir, Tik!" Mantap! Hampir sama dengan sinopsisnya yang selalu menyertakan "Tik!"

    Sip!

    @argalitha

  17. Hai kak Jo, selamat ulang tahun ya!

    Untuk event Birthday Giveaway, aku milih buat komen disini. Soalnya dari sekian review kakak yang aku baca, aku paling suka ini XD

    Reviewnya keren banget kak, menjelaskan tapi bikin penasaran :3
    Rasanya kayak ada magnet yang menarikku untuk segera baca novel ini setelah baca review dari kakak. Bener-bener bikin penasaran πŸ˜€
    Dari 5 bintang, aku berani kasih 4,5 buat review kakak ini. Kenapa nggak 5 sekalian? Soalnya disini kakak nggak ngasih kutipan-kutipan dari novel TTAF , hehe :p

    Jujur aku udah lama tertarik sama novel ini, cuma belom sempet baca aja. Beli novelnya apalagi, belom bisa. Soalnya toko buku di kotaku bener-bener ngga lengkap! T.T

    Jadi, apakah kakak mau berbaik hati memberikan novel ini kepadaku? Biar aku bisa ngerasain apa yang kakak rasain waktu baca novel ini ^^ hehe *maksa

    Salam,
    @rinayuliaw

  18. Hai kak Joo, salam kenal ya:)
    Aku mupeng banget sama kuisnya sumpah hadiahnya luar biasa kak!:D

    Setelah aku ngubek-ngubek hampir semua review-an kakak, aku komen yang ini kak, hihi kita sama loh kak *toss dulu* sama-sama penggemar Orizuka, penulis sad-ending memukau selain Ilana Tan :D, yap! The Truth About Forever paling favorit, patut dikasih 5/5 bintang.

    Bagian favorit waktu mereka berjanji akan ketemu setelah Yogas meraih cita-citanya dan Kana menjadi penulis dan akhirnya duarduarduar :”D

    Cara mereview-an kakak ini menarik sekali. Apalagi yang ini “……Akankah sikap Yogas pada Kana berubah seiring berjalannya waktu? Sementara kamu berpikir, Tik!” Hihi aku suka, disertai pertanyaan yang membuat pembaca bertanya-tanya dan penasaran tingkat tinggi. (Jujur nih kak, kalo aku belum baca, pasti aku kepo berat. Kalo lagi gak ada duit, nyesel deh nyangkut kesini wkwk abisnya dengan kakak menrecommenkan ini, cara kakak mereview-nya asik). Menggambarkan tokoh serta alurnya detail, namun tidak terlalu spoiler.

    Udah gitu aja kak, pokoknya bagus. 4.5/5 buat reviewan kakak ini πŸ™‚
    Terimakasih kak GA-nya dan wish me luck! *lempar bom keberuntungan

  19. Pingback: Liebster Blog Award | Joovirginia's Books Review

  20. ~Sekedar info saja kak. Di Bali abang-abang book store-nya pada gak tau Orizuka. Tapi, novelnya Kak Ori pas aku tanya kosong.-_-.Waktu itu aku lihat di data masih sisa 3 stok, eh, bukunya kagak ketemu. Jujur,kak. Aku baru punyak 3 novelnya kak orizuka.-___- T________T

  21. sosok kana memang istimewa di novel ini.. dia membuktikan bahwa cinta tak perlu memandang ekurangan,, yang dia tahu cinta adalah cinta dari hati tak mengenal kondisi.. dari novel ini juga kita di ajarkan bahwa tak ada yang tahu dengan yang namanya hari esok..tak ada yang bisa mendahului takdir..ka orizuka mamng keren bisa mengajak pembaca hanyut dalam ceritanya..

    Numpang promo ya jangan lupa juga buat berkunjung ke blog saya:
    obat kista tradisional.
    obat pelangsing herbal
    terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s